Pages

Sinampura yening kawentenan iwang, ngiring tureksan lan melajah sareng-sareng

Tuesday, 27 November 2012

CONTO RPP BASA BALI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MATA PELAJARAN                      :  BAHASA BALI
KELAS/SEMESTER                       :  X/1
STANDAR KOMPETENSI                        :  MAMPU MATEMBANG BALI (PUPUH
GINADA DASAR)
PERTEMUAN/WAKTU                 :  4x45 MENIT
METODE PEMBELAJARAN       :  CERAMAH, TANYA JAWAB, DISKUSI

A.    KOMPETENSI DASAR
Matembang Bali (Pupuh Ginada Dasar)

B.     INDIKATOR PENCAPAIAN HASIL BELAJAR
1.      Matembang Bali Pupuh Ginada Dasar
2.      Matembang Bali pupuh ginada Dasar dengan intonasi yag jelas

C.    MATERI POKOK
Matembang Bali Pupuh Ginada Dasar

D.    MEDIA PEMBELAJARAN
Alat Belajar           : spidol, papan tulis, mind map, penghapus papan.
 Sumber belajar     : Buku LKS Rijasa.

E.     RINCIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Pendahuluan
a.       Memberi salam dan melakukan tegur sapa dengan siswa.
b.      Mengecek kehadiran siswa ( absensi )
c.       Memberi apersepsi terkait dengan materi
d.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
e.       Memberi motivasi kepada siswa terkait dengan pencapaian tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
1.      Siswa mendengarkan tembang yang ditembangkan guru, dan mencatat hal-hal yang dianggap penting.
2.      Siswa manembangkan tembang  yang ditembangkan guru secara berkelompok.

·         Elaborasi
3.      Secara individual, siswa dapat manembangkan tembang yang diberikan oleh guru
4.      Secara berkelompok, siswa menulis hasil diskusi tentang nilai-nilai yang tersirat dalam tembang pupuh ginada Dasar

·         Konfirmasi
5.      Memberikan umpan balik yang positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
6.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui beberapa sumber.
7.      Memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman  yang bermakna dalm mencapai kompetensi dasar.

3.      Penutup
a.       Guru menyimpulkan dan merangkum materi.
b.      Guru memberikan evaluasi/penilaian untuk mengukur ketercapain indicator


F.     PENILAIAN
Teknik penilaian    : lisan dan tertulis
Bentuk instrument            : lisan
Contoh instrument            :

                  Pupu Ginada Dasar
Yan idup manemu lara
Da mangopet Sang Hyang Widhi
Yan idup manemu suka
Da manyapa kadi aku
Nto sangkan karma wasana
Kapuponin
Jele melah ya katrima


-          Penugasan
·         Guru memberikan tindak lanjut terhadap pembelajaran berupa pemberian tugas/pekerjaan rumah secara individual kepada siswa.
·         Guru menutup kegiatan pembelajaran.

Denpasar, 14 juli 2012
Guru mata pelajaran Bahasa Bali

I Wayan Mardiana
Nim 2010.II.2.0107



No comments:

Post a Comment

Entri Populer