Pages

Sinampura yening kawentenan iwang, ngiring tureksan lan melajah sareng-sareng

Friday, 3 July 2015

PANGENTER ACARA STT WIRA YOWANA PUTRA BR. KELIKI, DS. KELIKI, TEGALLALANG



Parikrama nyangra wanti warsa Seka Truna Wira Yowana Putra Br. keliki, Desa Keliki, kaping 50 ring rahina Anggara Wage wuku ugu, tanggal 4 februari warsa 2014 jagi kakawitin.


Kaping ajeng mantuka Bapak Kepala Desa Keliki sane Kusumayang Titiang
Jero Bendesa Adat miwah Kelian Adat lan Dinas sane Wangiang Titiang
taler Para Manggala miwah Krama Seka Truna sinamian sane asihin Titiang

Angayubagia uningayang titiang majeng ring Ida Sang Hyang Widhi Wasa, duaning majanten sangkaning asung kerta wara nugrahan Ida, mawinan titiang miwah Ida dane prasida masadu ajeng tur ngangguhang kerahayuan sakadi mangkin.

Antuk punika, ngiring sinarengan nyakupang tangane makakalih antuk ngojarang pangastungkara panganjali:

“Om Swastiastu”


Gargita dahat manah titiang, santukan Ida dane arsa ledang nagingin pangaptin titiange, prasida ngerauhin sekadi mangkin ring acara puniki, Pinaka panyembrama, pacang kaunggahang sasolahan “Sekar Sandat”. Para Pragina miwah panabuh inggih durusang!

……………Sasolahan Sekar sandat……………

Para Atiti miwah Uleman Sinamian sane Baktinin Titiang
Santukan pamungkah acarane sampun kamargiang, sane mangkin nglantur ring acara atur piuning saking manggala karya. Dane Pamucuk Karya inggih punika Kelian Seka Truna Br. Keliki, inggih durusang!

……....Atur Piuning Manggala Karya……........

Para Atiti miwah Uleman sane Baktinin Titiang
Acara selanturnyane marupa Sambrama Wecana saking Bapak Kades Desa Keliki. Antuk punika Bapak kades inggih durusang!.

…….......Sambrama Wecana Bapak Kades ……………

ainggih punika wawu sembrama wacana saking bapak kades, sane mangkin acara kaping untat marupa panglila cita utawi hiburan marupa sasolahan Arja Lanang saking “Seka Arja Akah Canging”. sinambi nyantos, inggih durusang unggahang boga samatra sane sampun kacumawis.

Ida-dane sareng sami sane wangiang titiang. riantukan sanghyang surya sampun tajeg ring ambara, punika makacihna acara puniki sampun nepi. Rauh iriki titiang prasida ngenterang acarane puniki. Maka kirang langkung atur Titiang, lugrayang Titiang nglungsur gung rena pangampura. Pinaka panguntat acara, titiang ngaturang parama santhi.
Om Santhi, Santhi, Santhi, Om.

Olih: I Wayan Mardiana (Jon)

MITOS TIRTA PANCA WARNA DI DESA KELIKI KECAMATAN TEGALLALANG, GIANYAR.




Pada tahun 1970-1985 di pura Duur Gunung /pura tegeh Di desa Keliki terdapat tapakan barong ketet yang bernama Ida Ratu Gede pada upacara hari purnama sasih kadasa puja wali /upacara di pura Duur Gunung. Sesuunan Ratu Gede/ barong mengeluarkan tirta 5 jenis/warna.
yang pertama kali keluar adalah warna putih pada tahun 1970 tirta itu keluar dari jenggot barong anehnya sebelum di tadah jembung tirta itu tidak mau jatuh setelah di tadah baru mau jatuh ke jembung tirta ini di kumpulkan oleh pemangku pengempon pura di tempatkan di salah satu pelinggih di pura fungsi tirta itu adalah pemuput wali/penutup upacara.
                pada upacara berikutnya yang berselang selama 1 tahun barong itu mengeluarkan  tirta lagi yang berwarna merah yang fungsinya untuk hewan ternak yang biasanya kalau ada hewan ternak yang sakit di percikan tirta itu untuk memohon kesembuhan /pembersihan dari segala penyakit. pada upacara yang ke 3 tahun kembali tirta itu keluar yang berwarna kuning ke emasan yang di percaya fungsinya untuk kepertanian/perkebunan. biasanya tirta ini di gunakan pada saat padi berusia 1 bulan di percikan di sawan dengan harapan semua padi tumbuh subur.
dan 5 tahun kemudian sesuunan barong kembali mengeluarkan tirta yang berwarna hitam yang berfungsi menurut kepercayaan masyarakat tirta yang berwarna hitam adalah untuk pengobatan/tamba  biasanya orang yang bertahun tahun sakit sudah di ajak ke rumah sakit tapi tetap saja sakit tirta yang berwarna hitam inilah yang di percaya oleh masyarakat untuk menyembuhkan penyakitnya.
5 tahunnya kemudian barong itu menunjukan keajaiban bukan hanya satu tirta melainkan tirta panca warna/5 warna untuk segalanya tergantung masyarakat menggunakan. dan sampai saat ini tirta ini masih di percaya oleh masyarakat di desa keliki untuk kegiatan upacara, pengobatan, kesuburan. tradisi yang masih di lakukan dan masih di pertahankan sampai saat ini adalah pada saat padi berumur satubulan petani menghaturkan sesaji dan nunas tirta untuk di percikan disawah para petani meyakini tirta yang di percikan di sawah akan membawa kesuburan.
Sumber: Jero Mangku Merta Swinaya
Penulis: I Wayan Mardiana.,S.Pd

ISI RINGKAS TUTUR ANGKUS PRANA



ISI RINGKAS TUTUR ANGKUS PRANA
 
Lontar sebagai peninggalan masa lampau mengandung berbagai hal, seperti: sejarah, hukum, ajaran agama, adat istiadat, filsafat, politik, sastra, astronomi, ajaran moral, mantra, doa-doa, obat-obatan, mistik, bahasa, bangunan, tumbuh-tumbuhan, dan sebagainya. Dengan melihat kandungan isi lontar seperti itu, telah menempatkannya pada kedudukan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat.
Demikian pula halnya dengan Lontar Tutur Angkusprana yang dialih aksarakan dan diterjemahkan pada kesempatan ini sarat dengan kandungan isi. Secara garis besar isi lontar ini dapat dikelompokan menjadi dua bagian  yaitu kawisesan dan kamoksan. Kawisesan berhubungan dengan sakti yang erat hubunganya dengan hidup keduniawian. Sedangkan kamoksan berhubungan dengan pembebasan terakhir dan harapan hidup bahagia di sorga.
Isi yang mengandung ajaran kewisesan tersimpul dalam berbagai ilmu yang disebut dengan Tutur, yaitu: Tutur Pranajati, Tutur Jati Ening, Sanghyang Aji Lwih, Tutur Samuccaya, Tutur Jagatnatha Dan Jagat Guru, Tutur Upadesa, Penglepasan Tedung Jati (Aji Pawasan), Tutur Yoga Meneng, Tutur Bhagawan Kasyapa, Tutur Kawakyan.
Sedangkan isi yang mengandung ajaran kemoksan tampak pada Aji Panglepasan Siwi (Siwer) Mas.
Meskipun ke dua ilmu itu kelihatan berbeda namun sesungguhnya berhubungan erat dan kewisesan itu penting untuk melakoni kamoksan. Kewisesan dapat menjadi petunjuk kapan yang bersangkutan akan meninggal. Dan secara azasi ke dua ilmu itu sama-sama dibangun oleh sabda (ucapan dalam hati), bayu (nafas), dan idep (niat). Dan tidak ada mantra

Keberhasilan seseorang dalam mempelajari ilmu ini sangat ditentukan oleh :
1.      Tidak mempunyai dosa besar (maraja panulah)
2.      Dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mempelajari ilmu itu. (apang teges maningkahang awak)
3.      Dapat memusatkan pikiran dan tidak berkata-kata (plengen idepta apang eda wera)
4.      Ada berkat dari widhi (sihing titah)
Ilmu ini memiliki manfaat/guna yang luar biasa dalam kehidupan ini utamanya bagi yang menekuninya dan masyarakat, seperti :
1.      Untuk membersihkan diri
2.      Untuk memperpanjang usia
3.      Untuk menumbuhkan sifat-sifat baik
4.      Untuk jalan kematian
5.      Membebaskan leluhur dan kluarga dari neraka
6.      Untuk mendapatkan cinta wanita
7.      Untuk melihat keberadaan musuh
8.      Untuk berperang
9.      Untuk kesidian balian
10.  Memperoleh kebahagiaan sorgawi setelah meninggal dan duniawi setelah lahir kembali.
Oleh karena itu demikian hebatnya ilmu ini, maka disini dinasehatkan agar :
1.      Dalam mempelajari ilmu ini tidak boleh menyombongkan diri karena ilmu itu banyak disembunyikan oleh dewa
2.      Agar selektif dalam mengajarkan apalagi terhadap orang lain karena belum tentu sama pikiranya.

Entri Populer