Pages

Sinampura yening kawentenan iwang, ngiring tureksan lan melajah sareng-sareng

Tuesday 27 November 2012

RUMUS NULIS BALI SIMBAR



Beberapa Petunjuk Pemakaian Program

Program ini hanya bisa dipergunakan secara optimal dengan MS Word for Windows. Dan dengan versi 6.0 atau yang lebih baru.

I. Di dalam disket ini terdapat 14 buah file, termasuk file yang sekarang dibuka ini. File-file tersebut adalah :

A. File font   - B_simbar.ttf -     setelah di-install menjadi
                              Bali Simbar-B
               - Kwtnr.ttf   - setelah di-install, keempat file
               - Kwtnrb.ttf   dengan nama awal Kw
               - Kwtnrbi.ttf  akan menjadi :
               - Kwtnri.ttf   KwTimesNewRoman

B. File template  - Bali-b.dot

C. File-file berakhiran .bmp, adalah beberapa gambar modre, sebagai contoh.

D. File Bacalah.doc, berisi penjelasan dan cara pemakaian program HNCRK, Aksara Bali dan Kawi dengan WINDOWS ini.

II.            Cara meng-install program:

A. File-file font.
   File font harus di-install sebagaimana umumnya meng-install font ke dalam Windows. Yaitu melalui Control Panel dan Install New Font. Setelah font selesai di-install, maka font sudah bisa ditampilkan di layar monitor melalui program aplikasi Windows.

B. Walaupun font Bali Simbar-B dan KwTimesNewRoman bisa ditampilkan dalam Windows, tapi untuk menyunting naskah, harus bekerja dengan Microsoft Word for Windows. Namun sebelumnya, harus dilengkapi dengan meng-install file template Bali-B.dot ke dalam MS.Word.  Caranya yaitu dengan meng-copy file Bali-B.dot tersebut ke dalam directori / folder Template yang terdapat dalam Program Word atau MSOffice. Kadang-kadang terdapat lebih dari satu directori / folder Template dalam satu Hard-disk. Kalau ragu-ragu direktori / folder mana yang dimaksud, maka untuk mudahnya : copy saja file Bali-b.dot ke dalam semua direktori / folder Template.

C. Gambar-gambar modre bisa di-insert ke dalam naskah Word.

D. File Bacalah.doc berisi penjelasan tentang Bali Simbar versi B ini. Pada bagian akhir dari file ini terdapat tabel yang berisi petunjuk lengkap cara pemakaian Keyboard.

Selamat mencoba. Kalau menemui kesulitan bisa hubungi.
                       
                  Made Suatjana
        Jalan Zambrud 8 - Denpasar 80116
                  Telpon 427520

Bali Simbar-B (versi B)


Hampir dua tahun versi pertama dari Font Bali Simbar dan cara penggunaannya dengan MS-Word for Windows diperkenalkan kepada masyarakat Bali. Dalam waktu dua tahun itu ada beberapa saran untuk penyempurnaan yang disampaikan kepada saya. Antara lain tambahan beberapa karakter dan perubahan beberapa bentuk karakter. Kemudian satu perubahan mendasar telah saya buat, yaitu karakter space yang nilainya 0 point (1 point = 1/72 inci). Dengan adanya font Bali Simbar-B ini, beserta program bantu pemakaiannya, diharapkan agar naskah yang diketik menjadi lebih sempurna, cara pengetikan lebih mudah dan bentuk naskah menjadi lebih baik.
Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak begitu lama saya bisa menyelesaikan buku petunjuk yang lebih lengkap, yang berisi cara penggunaan program bantu ini selengkapnya.

Tambahan karakter yang terdapat dalam font ini al.:
°,ÿ¹,ª,«,µ,   terutama karakter terakhir sangat berguna untuk menulis dasaksara yang lengkap dan benar”.
¨¨¨º,¨¨¨¨™,¨¨¨¨¨‰,                                                                                          sehingga karakter-karakter yang berisi unsurkarakter tersebut bisa ditampilkan seluruhnya.
¿¨¨¨¨®,¨¨¨¨¨¯,¨¨¨¨¥,¨¨¨¨Å,                                                                   yang dulunya saya kira tidak ada.
¨¨¨¨»,                                                                                                                    yang dulu terlupa sama sekali.
¿‚ƒ‡†                                                                                                        yaitu karakter-karakter untuk guru dan lagu.
v,¨¨¨¨Ü,¨¨¨¨Ý,¦¨¨¨¨§,                                             sehingga bentuknya lebih jelas atau baik.
‹–›,‹—›,                                                                                                 sebagai pelengkap.
Cara penggunaan karakter-karakter baru yang tersebut di atas bisa dilihat pada tabel yang terdapat dalam akhir tulisan ini.

Sedangkan kegunaan space yang lebarnya 0 point bisa dijelaskan sebagai berikut:

*   Walaupun paragraf naskah Bali sudah dibuat “justify”, ter­nyata naskah Bali, yang karena tidak memakai “space”, tidak betul-betul bisa dibuat rata kanan. Sebagai contoh  kalau pada akhir baris kita ingin mengetikkan eko  sedangkan ruang yang tersisa hanya cukup untuk ek, maka begitu kita mengetikkan o, karakter o akan meloncat kebaris berikutnya. Karena pemutusan kata seperti itu tidak kita inginkan, kita beri space didepan taleng sehingga eko tidak terpisah dalam dua baris. Maka pada akhir baris pertama akan tersisa ruang kosong selebar ek. Dengan demikian naskah tersebut menjadi “tidak rata kanan”.
*   Karakter Space yang nilainya 0 point tidak akan mengubah jarak karakter, kalau karakter-karakter dalam satu baris sudah pas rata kanan. Tapi kalau ada ruang sisa disebelah kanan, maka ruang sisa ini akan dibagi rata oleh space-space yang kita buat.
*   Oleh karena itu, makin banyak space yang kita berikan dalam satu baris, makin baik. Dalam pengetikan naskah aksara Bali sebaiknya space itu kita tambahkan pada setiap tempat, dimana suku kata bisa dipisah. Karena space-sapace ini, disamping berguna untuk membagi rata ruang sisa pada akhir baris, sehingga membuat baris-baris menjadi justify, juga merupakan posisi dimana baris akan diputus.
*   Dengan pemakaian space seperti ini, kita tidak menemui kesulitan lagi dalam mengetik naskah yang paragrap-paragrapnya bernomor, dan memakai fasilitas indent. Kalau diketik tanpa space, maka begitu baris sudah penuh, maka seluruh baris dibelakang indent akan meloncat ke baris yang kedua. Begitu pula, apabila kita ingin merubah margin, kita tidak perlu was-was adanya pemutusan baris pada posisi yang tidak diinginkan, karena kita telah mengetikkan space pada setiap posisi pemutusan yang kita anggap benar.
*  Contoh suatu naskah Aksara Bali:

,1,b,        >0>ýÁwøfÂMÿsÓ¡>0>ymp(UwÙttÙ>÷køssÓËymp(UwÙttÙ.sÑ%v`rød(Ugáor&ggnnÓrtuemon/h¾¾tß¾s¾s(r&¾¾kw;ÁgÂø,hplø;w(xÂv`rimrups*hê*ymdøptø,¨¨¨¨¨¨¨

*   Dengan memakai indent dan tab dibelakang angka 1.1. maka naskah akan menjadi seperti di atas, tanda tab akan meloncat bersama karakter-karakter dibelakangnya kebaris kedua. Seandainya ada beberapa space pada baris pertama, maka baris akan diputus pada posisi tanda space.

,1,b,ÿ¿>0>ýÁwøfÂMÿsÓ¡>0>ymp(UwÙttÙ>÷køssÓËymp(UwÙttÙ.¾¿sÑ%v`rød(Ugáor&ggnnÓrtuemon/h¾¾tß¾s¾s(r&¾¾kw;ÁgÂø,hplø;w(xÂv`rimrups*hê*ymdøptø,¨¨¨¨¨¨¨

*   Dengan menghilangkan tanda tab, diganti dengan Ctrl-O dua kali maka naskah menjadi seperti di atas, rata kiri di belakang angka, tapi pada baris ke dua ada em yang harus dibawa turun.
,1,b,ÿ¿>0>ýÁwøfÂMÿsÓ¡>0>ymp(UwÙttÙ>÷køssÓËymp(UwÙttÙ.¿sÑ%v`rød(Ugáor&ggnnÓrtuÿÿÿemon/h¾¾tß¾s¾s(r&¾¾kw;ÁgÂø,hplø;w(xÂv`rimrups*hê*ymdøptø,¨¨¨¨¨¨¨

*   Kalau taleng dan ma dibawa turun maka naskah tidak akan mau rata kanan, walaupun telah di-“justify”, seperti bentuk di atas ini.

,1,b,       > 0 > ý Á wø f Mÿ sÓ¡ > 0 > y m p(U wÙ t tÙ > ÷ kø s sÓË y m p(U wÙ t tÙ. sÑ% v ` rø d(U gáo r& g g n nÓ r tu emo n/ h tß s s( r& k w; Á gÂø, h p lø; w( x v ` ri m ru p s* hê* y m dø p tø,¨¨¨¨¨¨¨
*   Seperti di atas inilah naskah tersebut sebaiknya diketik, yaitu dengan me nambahkan space sebanyak-banyaknya. Semua posisi pemutusan suku kata diisi space. Jarak karakter-karakter pada baris ke dua lebih renggang dari pada jarak karakter-karakter pada baris ketiga. Karena ruang sisa (bekas lokasi em) pada baris kedua jauh lebih lebar dari pada ruang sisa pada baris ketiga.
*   Tanda Tab setelah angka paragrap juga bisa diketikkan, sehingga paragrap menjadi betul-betul rata kiri dibelakang tanda indent.
*   Karena space ini sekaligus merupakan posisi di mana baris akan diputus, maka space ini jangan dipasang dibelakang taleng, didepan tedung, didepan adeg-adeg, didepan cecek, didepan naniya dan sebagainya. Jadi space diberikan pada semua posisi pemutusan suku kata yang benar, atau pada posisi yang kita kehendaki.
*   Seandainya margin kanan naskah tersebut kita rubah (cobalah geser margin kanan, dengan menggeser dengan mouse tanda segitiga pada ujung kanan mistar), atau kita sisipkan beberapa karakter baru, maka kita tidak perlu khawatir, bahwa baris-baris naskah akan diputus pada tempat yang salah.

,1,b,ÿ¿¿> 0 > ý Á wø f Mÿ sÓ¡ > 0 > y m p(U wÙ t tÙ > ÷ kø s sÓË y m p(U wÙ t tÙ. sÑ% v ` rø d(U gáo r& g g n nÓ r tu emo n/ h tß s s( r& k w; Á gÂø, h p lø; w( x v ` ri m ru p s* hê* y m dø p tø, ¨¨¨¨¨¨¨
*   Bentuk naskah tersebut lengkap dengan tanda-tanda spacenya adalah sbb:
,1,·b, > ··0·> ··ý· ·Á· ·w·ø ·f ·Mÿ ·sÓ¡ ·> ·0 ·> ·y ·m ·p(U ·wÙ ·t ·tÙ ·> ·÷ ·kø ·s ·sÓË ·y ·m ·p(U ·wÙ ·t ·tÙ. ·sÑ% ·v ·` ·rø ·d(U ·gáo ·r& ·g ·g ·n ·nÓ ·r ·tu ·emo ·n/ ·h ·tß ·s ·s( ·r& ·k ·w; ·Á ·gÂø, ·h ·p ·lø; ·w( ·x ·v ·` ·ri ·m ·ru ·p ·s* ·hê* ·y ·m ·dø ·p ·tø, ·¨¨¨¨¨¨¨¶
*   Tanda [·] adalah tanda space. Tanda space, tab dan tanda paragraf bisa ditampilkan kalau kita meng-klik [¶] yang terdapat pada batang menu.

 Tabel cara pengetikan aksara Bali (Bali Simbar-B).



Shft
Ctrl
Ctrl-Shft
F2
F3
F4
F5
F6
F7
F8
F9
F10
F11
F12
h
h
H
¨¨¨¨À












n
n
N
¨¨¨¨Â

¨¨¨¨Ã
¨¨¨¨Ä









x
x
X
¨¨¨¨¨¨¨Å

¨¨¨¨¨¨Æ










c
c
C
¨¨¨¨Ç

¨¨¨¨È










r
r
R
¨¨¨¨É

¨¨¨¨Ê
¨¨¨¨Ë
¨¨¨¨Ì
¨¨¨¨Í
¨¨¨¨Î
Ï
»
¨¨¨¨ð



k
k
K
¨¨¨¨Ð

¼










d
d
D
¨¨¨¨Ñ












a
a
A
¨¨¨¨Ò




Á
õ
ö





t
t
T
¨¨¨¨Ó












`
`
~
¨¨¨¨Õ












q
q
Q
¨¨¨¨Ô












s
s
S
¨¨¨¨uæ

¨¨¨¨uç










[
[
{
×

Ø










]
]
}
¨¨¨¨Ö

µ


µ







w
w
W
¨¨¨¨Ù

¨¨¨¨Ú
¨¨¨¨Û









l
l
L
¨¨¨¨Þ

2
¨¨¨¨¯









m
m
M
¨¨¨¨ß

¨¨¨¨à










g
g
G
¨¨¨¨á












f
f
F
¨¨¨¨â

¨¨¨¨¨¥










b
b

¨¨¨¨ã

¨¨¨¨®










v
v
V
¨¨¨¨ä












\
\
|
¨¨¨¨å

è










p
p
P
æ

ç










j
j

¨¨¨¨é












y
y
Y
¨¨¨¨ê

¨¨¨¨ë
¨¨¨¨ì
¨¨¨¨í
¨¨¨¨î
¨¨¨¨ï
¨¨¨¨Ü
¨¨¨¨Ý
¨¨¨¨ð



z
z
Z
¨¨¨¨ñ
“nya dirga” (Shft-Z), “nya” dengan kursor didepan “tedung”nya sehingga posisi gantungan dan pengangge swaranya lebih tepat.
Selanjutnya tekan Ctrl-o.
a







Á
õ
ö





i
¨¨¨¨i
¨¨¨¨ I
lebar ø
lebar ù
¨¨¨¨³
¨¨¨¨´

÷
semptº
leba¸r 

smptš
lbar
smpt
lbarŠ
u
¨¨¨¨u
¨¨¨¨U
¨¨¨¨¡
¨¨¨¨¢
¨¨¨¨±
¨¨¨¨²

ú
û






e
e
E
e¨¨¨¨




ü







o
¨¨¨¨o
O
keakhir
tedung
dirga

semptº
leba¸r 

ý
þ
¹
ª
«
°


,
ó
Kadang-kadang kita perlu mengetik tanda koma untuk tanda desimal, ini dipanggil dengan [F3]-[,]

[F9]-[0]

ƒ
[F9]-[-]
Karakter-karakter ini terdapat pada font Bali Simbar-B dan
[F9]-[=]
font KwTimes New Roman dan dipanggil dengan cara yang sama
[F9]-[|]

[F2]-[.]

[F2]-[-]

[F3]-[-]

[F2]-[,]




Shft
Ctrl
Ctrl-Shft
1
1
¨¨¨¨!


2
2
@


3
3
¨¨¨¨#


4
4
¨¨¨¨$


5
5
¨¨¨¨%


6
6
¨¨¨¨^


7
7
¨¨¨¨&


8
8
¨¨¨¨*


9
9
¨¨¨¨(


0
0
¨¨¨¨)


,
,


.
.
¨

\
\
|


;
;
:


-
-
_


=
=
+




F11


Ketik
Bali
Ketik
Bali
F12


Ketik
Kawi
Ketik Kawi




À
[Ctrl+Shift+-]-[Ctrl+Shift+a]
à
[Ctrl+Shift+-] - [a]
Â
[Ctrl+Shift+v-[Ctrl+Shift+a]
â
[Ctrl+Shift+v] - [a]
Ã
[Ctrl+Shift+6]-[Ctrl+Shift+a]
ã
[Ctrl+Shift+6] - [a]
Ä
[Ctrl+Shift+;]-[Ctrl+Shift+a]
ä
[Ctrl+Shift+;] - [a]
Ç
[Ctrl+Shift+,]-[Ctrl+Shift+c]
ç
[Ctrl+Shift+,] - [c]
Ð
[Ctrl+Shift+.]-[Ctrl+Shift+d]
ð
[Ctrl+Shift+.] - [d]
È
[Ctrl+Shift+`]-[Ctrl+Shift+e]
è
[Ctrl+Shift+`] - [e]
É
[Ctrl+Shift+‘]-[Ctrl+Shift+e]
é
[Ctrl+Shift+’] - [e]
Ê
[Ctrl+Shift+v]-[Ctrl+Shift+e]
ê
[Ctrl+Shift+v] - [e]
Ë
[Ctrl+Shift+6]-[Ctrl+Shift+e]
ë
[Ctrl+Shift+6] - [e]
Á
[Ctrl+Shift+.]-[Ctrl+Shift+h]
á
[Ctrl+Shift+.] - [h]
Ì
[Ctrl+Shift+-]-[Ctrl+Shift+i]
ì
[Ctrl+Shift+-] - [i]
Î
[Ctrl+Shift+6]-[Ctrl+Shift+i]
î
[Ctrl+Shift+6] - [i]
Ï
[Ctrl+Shift+;]-[Ctrl+Shift+i]
ï
[Ctrl+Shift+;] - [i]
Í
[Ctrl+Shift+.]-[Ctrl+Shift+l]
í
[Ctrl+Shift+.] - [l]
Ý
[Ctrl+Shift+’]-[Ctrl+Sift+m]
ý
[Ctrl+Sift+’] - [m]
×
[Ctrl+Shift+.]-[Ctrl+Shift+m]
×
[Ctrl+Shift+.] - [m]
Ò
[Ctrl+Shift+’]-[Ctrl+Shift+n]
ò
[Ctrl+Shift+’] - [n]
Ñ
[Ctrl+Shift+`]-[Ctrl+Shift+n]
ñ
[Ctrl+Shift+`] - [n]
Ó
[Ctrl+Shift+.]-[Ctrl+Shift+n]
ó
[Ctrl+Shift+.] - [n]
Ô
[Ctrl+Shift+v]-[Ctrl+Shift+o]
ô
[Ctrl+Shift+v] - [o]
Õ
[Ctrl+Shift+6]-[Ctrl+Shift+o]
õ
[Ctrl+Shift+6] - [o]
Ö
[Ctrl+Shift+;]-[Ctrl+Shift+o]
ö
[Ctrl+Shift+;] - [o]
Å
[Ctrl+Shift+.]-[Ctrl+Shift+r]
å
[Ctrl+Shift+.] - [r]
Æ
[Ctrl+Shift+-]-[Ctrl+Shift+r]
æ
[Ctrl+Shift+-] - [r]
Ú
[Ctrl+Shift+’]-[Ctrl+Shift+s]
ú
[Ctrl+Shift+’] - [s]
Û
[Ctrl+Shift+.]-[Ctrl+Shift+s]
û
[Ctrl+Shift+.] - [s]
Þ
[Ctrl+Shift+.]-[Ctrl+Shift+t]
þ
[Ctrl+Shift+.] - [t]
Ù
[Ctrl+Shift+-]-[Ctrl+Shift+u]
ù
[Ctrl+Shift+-] - [u]
ß
[Ctrl+Shift+,]-[Ctrl+Shift+n]
ÿ
[Ctrl+Shift+,] - [n]

1 comment:

  1. Pak kok gak bisa bisa saya download.
    Fontnya bisa tapi belum bisa pake nulis
    Bagaimana caranya pak bantu dong

    ReplyDelete

Entri Populer